Dalam sejarah perkembangan teknologi, industri game sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan teknologi komputerisasi. Dari permainan sederhana hingga game yang kian canggih dan realistis, game sudah berkembang cepat seiring dengan perkembangan teknologi.
Seperti halnya semua sesuatu, game juga memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang dan menarik. Kami akan membahas perjalanan game dari tahun 1950 hingga 2000-an dan bagaimana game sudah berkembang menjadi apa yang kita kenal dan nikmati hari ini.
Tahun 1950-an: Konsep Game Pertama
Industri game dimulai pada tahun 1950-an dikala para peneliti mulai memakai komputer untuk menciptakan game sederhana sebagai simulasi, seperti Nimrod, Strachey’s Draughts Program, Tic-Tac-Toe, dan Tennis for Two. Melainkan, permainan ini cuma tersedia di institusi tertentu seperti MIT.
“Tennis for Two” merupakan salah satu game paling permulaan yang dibuat oleh ilmuwan komputer Amerika Serikat, William Higinbotham. Game ini dimainkan dengan menggerakkan knob yang terhubung ke sebuah pemutar fonograf, sehingga membuat gambar bola tenis yang nampak pada layar oscilloscope. Padahal sederhana, game ini menjadi spot permulaan berkembangnya industri game modern.
Tahun 1960-an: Dimaksimalkan oleh Ilmuwan Komputer
Tahun 1960-an merupakan era game kian banyak dioptimalkan oleh para ilmuwan komputer di perguruan tinggi dan laboratorium militer. Salah satu game yang sungguh-sungguh populer pada masa itu merupakan “Spacewar!” yang dibuat oleh Steve Russell dan rekan-rekannya di Massachusetts Institute of Technology (MIT).
Game ini dimainkan dengan dua pemain yang mengontrol pesawat ruang angkasa dan beradu satu sama lain. “Spacewar!” menjadi game pertama yang menjadi populer di kalangan mahasiswa dan dianggap sebagai cikal bakal game arcade modern.
Tahun 1970-an: Kelahiran Industri Game
Perkembangan game komersial dimulai pada tahun 1971-1978 dikala Ralph slot server thailand Baer menciptakan ide untuk perangkat hiburan yang dapat dikaitkan ke TV. Baer memimpin tim di Sanders Associates untuk membangun konsol permainan video pertama untuk rumah, merupakan Magnavox Odyssey pada tahun 1972. Pong juga dirilis pada tahun 1972 oleh Atari dan menjadi salah satu permainan video arcade paling permulaan.
Tahun 1980-an: Munculnya Game Komputer dan Awal Game Online
Di tahun 1980-an ini, komputer rumahan kian populer dan banyak dipakai. PC seperti Commodore VIC-20, Sinclair ZX 81, dan NEC PC-800 menolong mempercepat popularitas komputer pribadi dan pasar PC gaming. Kecuali itu, Microvision dirilis sebagai metode portabel pertama yang memakai kartu permainan interchangeable.
Tahun 1980-an juga disebut sebagai era keemasan game arcade dan home video game konsol. Perusahaan seperti Nintendo, Sega, dan Sony merilis konsol rumah yang kian canggih dan menarik. Nintendo merilis konsol rumah pertamanya, Nintendo Entertainment System (NES), pada tahun 1985. Konsol ini membawa game seperti “Super Mario Bros.” dan “The Legend of Zelda” ke semua dunia dan menjadi game klasik yang dicintai hingga dikala ini.
Tahun 1990-an: Era Melainkan Konsol Game
Pada tahun 1990-an, game kian canggih dan kian realistis. Konsol baru seperti PlayStation, Nintendo 64, dan Sega Dreamcast diluncurkan, dan game kian banyak mengandalkan grafik yang lebih bagus dan cerita yang lebih dalam. Pada tahun 1991, id Software merilis game yang mengawali era game first-person shooter, merupakan “Wolfenstein 3D”. Game ini memungkinkan pemain untuk memperhatikan dunia dalam perspektif orang pertama dan menjadi game yang sungguh-sungguh populer di semua dunia.
Pada tahun 1983-1995, industri permainan Amerika Serikat mengalami kebangkrutan. Melainkan, pengembangan permainan video 8-bit membawa popularitas global bagi konsol permainan generasi ketiga seperti Nintendo Entertainment System (NES). Generasi keempat konsol permainan 16-bit diluncurkan pada tahun 1987-2004, seperti Super Nintendo Entertainment System (SNES), Sega Genesis, dan Sony PlayStation.