Dari pertumbuhan game dari th. 2020 sampai sekarang, saya menemukan bahwa bermain game di smartphone masing-masing itu mudah, bersama dengan resolusi yang luar biasa, dan dapat dimainkan bersama dengan orang-orang dari jauh. Namun tahukah Anda, bahwa kerumitan game yang kami mainkan selagi ini memiliki histori yang panjang. Ini juga merupakan wujud pertumbuhan teknologi yang terlampau luar biasa.
Dari awal permainan yang cuma dapat dimainkan oleh dua orang di tempat yang sama, sampai resolusi yang terlampau menyenangkan dan variasi permainan yang terlampau banyak yang membutuhkan ilmuwan dan menggunakan banyak uang, kami dapat langsung mengupas histori pertumbuhan game ini.
Awal Mula
Perkembangan game dimulai terhadap 1950-an di University of Manchester (Manchester Mark 1), University of Cambridge (EDSAC), University of Pennsylvania (EDVAC) dan Princeton University (mesin IAS). Di sinilah video game dimulai dan lantas menjadi punya kami hiburan sehari-hari. Sebelumnya, video game dibagi menjadi tiga kategori: program pelatihan dan pengajaran, program penelitian, dan program demonstrasi untuk menghibur masyarakat.
Video game pertama yang menghibur publik barangkali adalah Tennis For Two, dirancang oleh William Higinbotham dan dibikin oleh Robert Dvorak di Perpustakaan Nasional Beethoven terhadap th. 1958, untuk sediakan hiburan publik terhadap agenda tahunan Brookhaven Open Day. Digunakan, tetapi Higinbotham tidak memiliki rencana untuk mengkomersialkannya sebab alat yang diperlukan untuk memainkan game ini di masa lantas terlampau langka dan mahal.
Era Game Arcade (1972 – 1978)
Hingga th. 1972, Nolan Bushnell dan Ted Dabney join untuk menjalin kemitraan ATARI di bidang pengembangan game. Ciptaan pertama adalah game Pong, yaitu game tenis multipemain yang sediakan pengontrol dan membutuhkan koin untuk memainkan game ini.
Tidak cuma itu, th. ini banyak perusahaan game udah mengembangkan lebih banyak type game di planet ini, layaknya Gran Trak 10 Atari (1974) dan Tank (1974), serta Wheels (1975), Gun Fight (1975), dan Hai Wolf (1976) berasal dari Pulau Midway.
Era Keemasan (1978 – 1982)
Space Invaders adalah game arcade yang terlihat di masa ini. Ini adalah yang pertama membangun rencana skor bersama dengan penghitung waktu. Jika pemain dapat melebihi skor minimum, dia dapat mendapatkan bonus new member nyawa ekstra dan menyimpan data skor tertinggi dalam game. Ini tiba-tiba menjadi lompatan besar bagi industri game dunia.
Ada juga game legendaris yang kami kenal, Pacman, yang menjadi lini game terlaris selagi itu, bersama dengan penjualan sekitar 96.000 unit di Amerika Serikat. Sebuah pencapaian yang luar biasa, 550.000 unit terjual terhadap th. 1982. Permainan di atas seluruh berkunjung bersama dengan perangkat keras, floppy disk, kaset dan kotak ROM.
Era Kehancuran (1983)
Tahun ini adalah th. penurunan memproduksi game yang terlampau rendah, fenomena ini disebabkan banyaknya penjualan game memiliki kwalitas rendah yang membuat kebangkrutan atau penutupan banyak perusahaan game di Amerika Serikat selagi itu.
Era Kebangkitan (1983 – 1995) (8 bit)
Setelah mengalami penurunan di Amerika Serikat, bersama dengan dirilisnya pc rumah Nintendo (“Famicom”) dan SG-1000 Sega terhadap tanggal 15 Juli 1983, industri game Jepang selanjutnya dimulai lagi terhadap awal th. 1983. Versi ini konsisten ditingkatkan sampai dirilis Mark III Sega.
Di masa ini, peran joystick, dayung, dan keypad sebagai pengontrol game bawaan digantikan oleh gamepad atau joypad. Pada th. 1988, Nintendo merilis majalah perdananya, yang juga merupakan game Metal Gear Solid pertama di masa ini yang terlihat di pc MSX 2. Pada th. 1989, Capcom meluncurkan game survival horror generasi pertama Sweet Home di NES.
Era Persaingan (1987 – 2004) (16 bit)
Dunia game konsisten berkembang dan kini berkembang ke dunia 16-bit. Sistem game pertama yang manfaatkan sistem 16-bit ini adalah TurboGrafx-16. Ini juga pertama kalinya perangkat game (Playstation) yang manfaatkan CD drive terlihat di telinga kita.
Sonic the Hedgehog adalah game yang dirilis terhadap th. 1991 yang dapat berkompetisi bersama dengan seri Mario. Neo-Geo SNK adalah perangkat yang paling mahal, dirilis terhadap th. 1990, dan dibandingkan bersama dengan perangkat lain, ia memiliki efek 2D yang terlampau baik.
Era Kemajuan (1993 – Sekarang) (32 bit – 64 bit)
Pada th. 1995, Nintendo’s Virtual Boy terlihat di masa ini sebagai perangkat game 3D pertama, tetapi sebab kurangnya perlindungan lain, perangkat ini menarik diri dari pasar. Hingga selanjutnya Nintendo merilis Nintendo 64, inilah penampakan sambungan dari game 3D. Pada th. 1996, Capcom merilis game Resident Evil yang menjadi game survival horror terlaris pertama di dunia, menggapai 2 juta kopi hari itu.
Pada th. 1998, Sega Dreamcast menjadi perangkat game pertama yang dapat manfaatkan sistem online. Pada th. 2000, penerus Playstation, PS2, juga dapat manfaatkan Ethernet, bersama dengan grafis yang lebih banyak dari generasi sebelumnya, dan dapat memutar video dan musik, sehingga kami tidak lagi membutuhkan pemutar DVD untuk memutar DVD di rumah.
Ini juga pertama kalinya game di perangkat seluler kami berkembang pesat, sampai Nokia meluncurkan N-Gage terhadap th. 2003 untuk memandu minatnya di pasar game seluler. Di pada game mobile yang muncul, game yang menjadi lompatan ke depan terbesar adalah Angry Birds yang dirilis terhadap th. 2009 dan menggapai sampai 2 juta unduhan dalam selagi satu th. sesudah dirilis.
Nintendo dan Playstation udah merilis produk barunya yaitu Nintendo DS dan Playstation Portable yang merupakan perangkat game yang dapat kami bawa. Akhirnya Microsoft ikut serta dalam pengembangan game ini, dan membawa Xbox 360, diikuti Sony bersama dengan kemunculan Playstation 3.
Di masa ini, banyak perangkat game memiliki kwalitas tinggi yang selanjutnya muncul, layaknya PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch. Hingga selagi ini, kami seluruh dapat memainkannya di rumah. Peralatan zaman ini udah membantu bermain game Barat.
Game Mobile (Sekarang – Masa Depan)
Pasar game mobile adalah cuma satu pasar yang konsisten berkembang. Pada selagi yang sama, pasar game lainnya, layaknya konsol game dan pc teristimewa (PC), diperkirakan bakal menyusut, bersama dengan konsol game memiliki tingkat depresiasi terbesar sebesar 4%.
Pengembang game besar layaknya Square Enix dan Nintendo udah menjadi memasuki industri ini. Seri populer Square Enix “Final Fantasy” dapat ditemukan di Android atau iOS, dan game populer Nintendo “Super Mario Bros” juga ada di iPhone. Banyak pengembang game besar juga berbondong-bondong untuk berinvestasi dalam game seluler. Pasar konsol game dan pc teristimewa memang udah menjadi berganti ke portabilitas. Di segi PC, kartu grafis 10-seri Nvidia dari 1060 sampai 1080 udah pertanda arah ini.
Jika menyaksikan tren yang ada, industri game sepertinya tengah mencari hardware yang paling sesuai di masa depan. Sama layaknya layar smartphone yang konsisten melebar sampai menemukan titik nyaman di kisaran 5 sampai 5,5 inci, industri konsol dan PC barangkali mengalami hal yang sama. Ukurannya dapat dikurangi, dan portabilitas ditekankan khususnya dahulu.
Di segi lain, bersama dengan makin canggihnya teknologi smartphone, industri mobile gaming juga bakal makin kuat, sebab selama ini belum ada perangkat yang dapat menandingi smartphone multifungsi bersama dengan penetrasi pasar yang begitu kuat. Pada analisis akhir, di masa depan, mendominasi industri game mobile bakal menjadi kenyataan.