10 Jenis Serangga yang Bermanfaat Untuk Lingkungan Manusia

Di dunia ini, semua makhluk hidup memang mempunyai keterikatan dan ketergantungan antara satu sbobet88 dengan yang lain. Jika ada salah satu makhluk hidup yang punah atau mengalami pengurangan jumlah maka otomatis ekosistem yang ada di dalamnya bisa menjadi bermasalah ataupun menjadi rusak.

Salah satu makhluk hidup yang seringkali di anggap remeh namun nyatanya bisa memberikan manfaat yang banyak bagi kehidupan adalah serangga. Serangga memang merupakan makhluk hidup yang mempunyai ukuran serta jenis yang berbeda – beda.

Tetapi sebagai manusia terkadang kita menganggap remeh sesuatu yang terlihat seolah tak berdaya di mata kita. padahal kenyataannya, kehidupan manusia sangatlah bergentung pada serangga yang ada di sekitar kita.

Supaya kalian bisa mengetahui apa saja yang menjadi fungsi dari serangga dan jenis – jenisnya yang bisa memberikan manfaat bagi kehidupan, di bawah ini kami akan berikan penjelasannya.

1.Lacewings

Walaupun serangga ini jarang terdengar, namun lacewings ternyata bisa mengonsumsi berbagai bentuk serangga predator lainnya seperti hama atau kutu yang mengganggu di taman rumah loh.

2.Kepik Pembajak

Walaupun ada beberapa jenis serangga yang jika merasa terganggu akan menggigit kulit kalian, tetapi di antara serangga itu juga ada yang membantu kalian dalam menjaga tanaman supaya bisa terhindar dari berbagai bentuk hama pengganggu.

Kepik pembajak sendiri merupakan salah satu serangga yang paling umum, di temui saat sudah memasuki musim kemarau. Serangga ini akan mengonsumsi berbagai jenis telur dari hama pengganggu yang menempel di daun pada tanaman.

3.Kumbang Tentara

Karena habitatnya yang lebih sering berada di dalam pohon kayu, kumbang tentara menjadi sangat jarang terlihat. Kumbang jenis ini merupakan predatior hama terbaik yang bisa menjaga tanaman dan bunga di halaman kalian.

4.Lebah Madu

Lebah merupakan salah satu serangga yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lebah sendiri merupakan serangga yang membantu bunga serta tanaman lain dalam proses penyerbukan supaya tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan mudah.

5.Kupu – Kupu

Kupu-kupu adalah sejenis serangga yang mempunyai sayap yang indah dan bertugas untuk melakukan penyerbukan dari tanaman atau bunga yang berada di sekitar halaman rumah.

6.Laba – Laba

Ada banyak dari kalian yang mungkin takut saat melihat laba – laba di halaman atau bagian rumah kalian yang lain. walaupun laba – laba terlihat mengerikan serta mempunyai jaring yang bisa mengganggu pemandangan, namun kenyataannya laba – laba bisa membasmi berbagai serangga mengganggu lainnya.

7.Tawon

Sebagai predator, keberadaan dari tawon sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Tawon mempunyai peran ekologi untuk membasmi berbagai hama yang mengganggu. Bisa dibayangkan jika di dunia ini tidak ada tawon untuk membasmi berbagai hama, maka otomatis jumlah hama yang mengganggu tanaman akan mengalami peningkatan secara pesat dan merusak tanaman yang ada.

8.Kepik Ladybug

Kepik jenis ini akan menjadi predator dan memakan berbagai jenis serangga berbeda yang mengganggu tanaman di rumah. Kepik ini juga memiliki darah dengan aroma yang sangat kuat dan mempunyai fungsi untuk mengusir berbagai hewan predator berbahaya di halaman rumah.

9.Capung

Capung memiliki usia hidup yang cukup panjang, yaitu bisa hidup hingga 6 bulan lamanya. Kalian tidak perlu khawatir ketika di halaman kalian banyak terdapat capung yang berterbangan, karena capung bermanfaat untuk memakan jentik-jentik nyamuk yang berada pada genangan air dan mencegah populasi nyamuk untuk tumbuh dalam jumlah yang banyak.

10.Belalang Sembah

Belalang sembah adalah salah satu predator serangga atau hama yang baik. Bahkan, tidak sedikit orang yang dengan sengaja melepaskan beberapa belalang sembah pada kebunnya untuk melawan serangga-serangga yang mengganggu di halamannya.

Itulah beberapa serangga yang ternyata bermanfaat untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.