Ragam Hewan Langka dan Asal Daerahnya, Hampir Punah

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai keanekaragaman flora dan fauna. Padahal berjenis-jenis, terbukti banyak spesiesnya yang langka malahan hampir punah. Ada beberapa jenis hewan langka dan asal daerahnya yang terpencil.

Padahal beberapa hewan langka hal yang demikian tinggal di kawasan yang terpencil, tidak banyak orang yang berharap memburu hewan-hewan hal yang demikian untuk memenuhi kepentingannya sendiri. Melainkan, tidak semua tempat terpencil dan strategis hal yang demikian bisa dijamah oleh orang banyak.

Inilah yang membuat beberapa tempat strategis menjadi istimewa dan diciptakan rumah bagi berjenis-jenis hewan langka. Banyak pulau di Indonesia yang kemudian diciptakan tempat untuk menyelamatkan hewan langka yang tidak bisa dijumpai di belahan dunia mana malahan.

Berikut ada beberapa jenis hewan langka dan asal spaceman slot daerahnya yang perlu dilindungi agar tidak punah. Sudah rangkum dari berjenis-jenis sumber, ini delapan jenis hewan langka dan daerahnya yang perlu dikenali, Rabu (2/10/2019).

Cenderawasih

Cenderawasih merupakan spesies endemik yang termasuk ke dalam keluarga Paradisaeidae atau burung dari surge (paradise). Burung agung dan penuh dengan warna ini termasuk jenis hewan langka da nasal daerahnya di Papua, pulau paling timur di Indonesia.

Burung Cenderawasih, terlebih yang berspesies jantan, mempunyai bulu yang amat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cemerlang dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuhnya.

Cenderawasih mempunyai berjenis-jenis campuran warna di satu tubuhnya, mulai dari kuning, coklat, merah, oranye, hingga warna biru dan ungu yang berbeda-beda.

Merak

Selain Cenderawasih, ada Merak yang merupakan burung dari keluarga Phasianidae. Merak termasuk ke dalam jenis hewan langka dan asal daerahnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Melainkan kau juga bisa menemukan Merak di India dan Malaysia. Melainkan, Merak di kedua negara hal yang demikian berbeda dengan yang ada di Indonesia. Merak yang ada di Indonesia mempunyai keunikannya sendiri, merupakan bulunya yang berwarna-warni.

Selain itu, Merak juga mempunyai jenis yang berbeda-beda dan beberapa dari mereka mempunyai warna bulu yang berbeda juga. Merak mempunyai kepribadian yang amat tenang, tapi di beberapa waktu Merak bisa menjadi agresif.

Monyet Hitam

Monyet Wolai atau Monyet Hitam merupakan jenis hewan langka dan tempat asalnya di Sulawesi yang seharusnya dilindungi. Pantas dengan namanya, simpanse ini mempunyai buluh yang hitam di semua tubuhnya dengan pengecualian beberapa bulu berwarna silver yang ada di bagian bahunya.

Monyet Hitam ini mulai langka malahan hampir punah. Berdasarkan IUCN Redist, Monyet Hitam digolongkan dalam status konservasi Critically Endangered (krisis). Monyet Hitam menjadi hewan sosial, sebab Monyet Hitam hidup dalam golongan berisi 5 hingga 25 ekor atau malahan lebih.

Biasanya, di dalam golongan hal yang demikian populasi simpanse betina dewasa lebih banyak kalau dibandingi dengan simpanse jantan. Populasi manusia yang meningkat sudah menjadi suatau ancaman besar bagi keberlanjutan hidup simpanse hitam ini.

Badak Jawa

Badak Jawa atau badak bercula satu yang lebih pendek merupakan hewan langka lain yang ada di Indonesia. Badak ini banyak ditemukan di Pulau Jawa.

Populasi Badak Jawa dari tahun ke tahun mengalami penyusutan. Badak Jawa mengalami kesulitan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.