mengenal tumbuhan wasabi

Mengenal Tumbuhan Wasabi Yang Sangat Mahal

Wasabi adalah tumbuhan yang sangat terkenal karena digunakan sebagai bumbu dalam masakan Jepang, terutama untuk sushi dan sashimi. Berikut beberapa informasi mengenai tumbuhan wasabi yang menjadi salah satu penyebab mahalnya harga:

  1. Spesies: Tumbuhan wasabi yang digunakan dalam kuliner Jepang adalah Wasabia japonica. Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Brassicaceae yang sama dengan brokoli, kubis, dan lobak.
  2. Kebutuhan Tumbuh: Wasabi tumbuh terbaik di daerah yang sejuk dengan air yang bersih dan kualitas tanah yang baik. Hal ini membuatnya cocok tumbuh di pegunungan Jepang, terutama di daerah yang memiliki aliran air dingin dan jernih.
  3. Sulitnya Budidaya: Proses budidaya wasabi sangatlah sulit dan membutuhkan perhatian khusus. Tumbuhan slot ini membutuhkan suhu yang stabil, kelembaban yang tepat, dan air yang bersih serta seimbang dalam kualitasnya.
  4. Waktu Panen: Wasabi memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dan siap dipanen. Diperlukan sekitar 18 bulan hingga 2 tahun untuk menghasilkan akar wasabi yang dapat digunakan.
  5. Pemrosesan: Setelah dipanen, akar wasabi harus segera diproses dengan hati-hati agar rasa dan aromanya tetap terjaga. Proses penggilingan atau pemarutan wasabi juga harus dilakukan dengan teknik khusus untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang sempurna.
  6. Penggunaan dalam Kuliner: Wasabi memiliki rasa yang pedas dan segar, namun berbeda dengan cabai atau lada. Rasa pedas wasabi disebabkan oleh senyawa kimia yang disebut isothiocyanate.

Kesulitan dalam budidaya, proses panen yang memakan waktu, dan perawatan khusus menjadikan wasabi sebagai salah satu tumbuhan yang sangat mahal. Harganya bisa mencapai harga yang tinggi per kilogramnya di pasar internasional.