Acung Jangkung

Inilah 6 tumbuhan Langka yang Dilindungi di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang punyai keragaman hayati yang benar-benar beragam. Apalagi, Indonesia beriklim tropis jadi memicu tanahnya jadi subur dan menghidupkan banyak variasi tanaman endemik yang tersebar di beragam lokasi di Indonesia.

Sayangnya, tidak seluruh tumbuhan di Indonesia lestari. Ada lebih dari satu tumbuhan yang udah masuk sebagai daftar tanaman langka dikarenakan populasinya makin lama sedikit. Sehingga tumbuhan yang dilindungi ini punyai populasi sedikit dikarenakan tempat persebarannya terbatas dan habitatnya yang spesifik.

Ada sebanyak 127 jenis tanaman yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terhadap tahun 2018 mengenai Jenis Tumbuhan Satwa yang Dilindungi. Berikut ini 6 di antaranya.

1. Acung Jangkung

Nama ilmiah berasal dari tumbuhan ini adalah Amorphophallus decus-silvae. Acung jangkung yang berstatus rawan merupakan tumbuhan endemik dikarenakan hanya sanggup ditemukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Jumlah keberadaan Acung Jangkung diperkirakan 10.000 saja di alam liar. Sebab, kawasan tumbuhnya Acung Jangkung beralih fungsi jadi perumahan.

2. Gedeper

Tumbuhan bersama dengan nama ilmiah Manifera gedepe ini sejenis mangga-manggaan. Tumbuhan ini sanggup tumbuh setinggi 30 m dan diameter batang 60 cm. Gedeper sanggup ditemukan di Jawa Barat, Sumatra, dan Kutai.

3. Orchidaceae

Jenis tanaman anggrek-anggrekan ini punyai tempat persebaran terbatas, yaitu Halimun dan Gunung Karang di Jawa Barat. Penurun kuantitas anggrek jenis ini disebabkan rusaknya hutan. Saat diteliti LIPI, jumlahnya hanya sekitar 50-100 tanaman.

Baca juga:

Kenali Habitat Dan Ciri-ciri Serta Populasi Gajah Sumatera di Indonesia

Mengenal Harimau Sumatera, Sang Predator Yang Berada Di Ambang Kepunahan

4. Rotan Inun

Jenis tumbuhan palem-paleman ini sanggup tumbuh setinggi sampai 20 m. Nama ilmiah rotan inun adalah Calamus scabridulus Becc. Keberadaan rotan Inun masuk dalam standing genting dikarenakan hutan alami udah beralih jadi pemukiman dan hanya sanggup ditemukan di Bangka Belitung.

5. Keruing Bunga

Jenis tumbuhan meranti-merantian ini berstatus terancam punah akibat pengalihan fungsi lahan dan kebakaran hutan. Akibatnya, populasinya makin lama turun. Lokasi penyebaran Keruing Bunga ada di Jawa, Bali, Sumbawa, dan Kalimantan.

6. Kantong Semar Bertaring

Nama ilmiahnya Nepenthes bicalcarata, diincar sebagai tanaman hias. Kantong Semar Bertaring punyai pertumbuhan yang lambat agar mengalami penurunan kuantitas signifikan.