Kangguru

Hewan khas Australia yang Unik

Bicara soal Benua Australia, pasti kamu telah memadai familiar bersama dengan hewan khas Australia yang unik-unik dan beda berasal dari satau benua lainnya. Misalnya, kangguru, koala, wombat, dan lain sebagainya.

Menurut ilmuwan, keunikan fauna Australia disebabkan oleh perpecahan benua Gondwana sekitar 180 juta th. yang lalu. Salah satu pecahan berasal dari benua tersebut adalah dataran yang kemudian jadi Australia dan Antarktika.

30 juta th. yang lalu, benua Australia telah terbentuk sepenuhnya dan bergerak sendiri ke arah utara. Akibatnya, pergantian yang tersedia di benua ini, merasa berasal dari iklim, flora, dan fauna, sangat berbeda berasal dari belahan dunia lainnya.

Tahukah kamu bahwa lebih berasal dari 80% tumbuhan, mamalia, reptil, dan katak di dunia hanya dapat ditemukan di Australia? Apa saja?

Yuk, baca artikel ini untuk mendapatkan hewan khas Australia lainnya! Siapa tahu, kamu dapat mendapatkan hewan-hewan tersebut sementara berwisata ke Benua Hijau ini yang terkenal juga akan permainan di situs https://www.ptmerantimustika.com/!

1. Kangguru

Tentunya kamu telah sangat familiar bersama dengan hewan menggemaskan yang satu ini, bukan? Hewan kangguru berasal berasal dari Australia dan dapat dibilang ikon benua ini.

Memiliki tinggi sekitar 2 meter, kangguru punya sepasang kaki belakang yang besar dan kokoh. Hewan ini terhitung punya semacam ‘kantung’ di tubuh mereka sebagai daerah berlindung anak-anak kangguru.

Kamu dapat melihat kangguru di beragam daerah di Australia, dikarenakan populasi kangguru di Australia sangat banyak. Konon, kuantitas populasi kangguru di Australia dua kali lipat lebih banyak berasal dari populasi manusia di Australia.

Tempat rekomendasi: Kangaroo Island, Uluru-Kata Tjuta National Park, Canberra Nature Park

2. Koala

Memiliki wujud yang menggemaskan dan tenar sebagai binatang malas, koala adalah hewan khas Australia yang jadi favorit di beragam belahan dunia.

Hewan ini punya tubuh yang chubby, penuh bulu, bersama dengan telinga yang bulat dan hidung besar. Koala menggunakan lebih dari satu besar hidup mereka di atas pohon dan kebanyakan tidur sepanjang 18-22 jam sehari.

Kenapa? Ini dikarenakan pola makan koala yang tidak membuahkan banyak energi. Koala kebanyakan banyak mengkonsumsi daun eukaliptus, yang punya kandungan racun yang membutuhkan sementara yang lama dan banyak energi untuk dicerna.

Tempat rekomendasi: Lone Pine Koala Sanctuary, Kangaroo Island, Raymond Island

3. Wombat

Wombat adalah hewan marsupial yang besar, bulat, dan berkaki pendek. Hewan ini kebanyakan muncul untuk makan di sementara subuh dan senja. Walau muncul menggemaskan, wombat sebetulnya memadai kuat.

Hewan ini punya kaki-kaki yang kuat dan cakar yang panjang, yang digunakan untuk menggali liang ke didalam tanah. Tak hanya itu, dikala merasa terancam, wombat dapat lari secepat 40 kilometer per jam untuk menyelamatkan diri.

Wombat dapat lari ke didalam liang mereka dan menutupnya bersama dengan anggota belakang tubuhnya. Tak wajib khawatir! Bagian belakang tubuh wombat dilindungi oleh bulu dan kulit yang tebal, supaya tahan gigitan atau cakaran.

Tempat rekomendasi: Cradle Mountain Tasmania, Kangaroo Valley, Maria Island

4. Wallaby

Wallaby adalah hewan khas Australia yang serupa kangguru, atau dapat dibilang kangguru bersama dengan ukuran yang lebih kecil. Saking kecilnya, berat tubuh wallaby hanya berkisar pada 4 – 24 kg.

Wallaby adalah makhluk herbivora dan biasa mengkonsumsi rerumputan dan semak-semak. Seperti kangguru, wallaby punya kaki belakang yang kuat, yang dapat mempunyai mereka melompat bersama dengan cepat atau menendang predator.

Tempat rekomendasi: Magnetic Island, Cape Range National Park, Kangaroo Island

5. Dingo

Dingo adalah anjing liar khas Australia yang cerdas dan merupakan turunan berasal dari serigala India. Hewan ini punya tubuh yang ramping dan warna cokelat keemasan.

Dingo biasa aktif di malam hari untuk berburu burung-burung, kelelawar, wombat, dan ular. Selain itu, dingo terhitung punya kapabilitas adaptasi yang sangat tinggi dan cenderung menjauhi manusia.

Uniknya, dingo sering dipelihara oleh suku asli Australia, yakni suku Aborigin, untuk menopang mereka berburu.

Tempat rekomendasi: Jirrahlinga Dingo Conservation & Wildlife Education Centre, Fraser Island, Uluru-Kata Tjuta National Park