apa itu hewan eksotis

Hewan Eksotis | Pengertian, Nama & Jenis

Apa itu Hewan Eksotis?

Dunia kita memiliki 8,7 juta spesies hewan yang berbeda. Dari jumlah tersebut, hanya 14 hewan berukuran besar yang telah didomestikasi , atau dipelihara secara rutin sebagai hewan peliharaan dalam lingkungan yang menguntungkan baik bagi hewan maupun pemiliknya. Spesies besar hewan peliharaan antara lain domba, sapi, unta arab, llama dan alpaka, unta baktria, babi, kambing, keledai, rusa kutub, yak, kerbau, dan sapi bali. Hewan besar lainnya bersifat liar, bahkan ada yang eksotik.

Tapi apa yang membuat binatang menjadi eksotis? Kita akan mengeksplorasi pertanyaan ini dalam pelajaran.

Definisi Hewan Eksotis: Makna Umum

Pengertian umum hewan eksotik adalah hewan yang tidak dijinakkan dan hidup di alam liar jauh dari tempat kita tinggal. Hal ini membuat klasifikasi hewan eksotik berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, zebra dianggap sebagai hewan eksotik di Amerika Serikat karena mereka tidak hidup di alam liar di sana, juga tidak dipelihara sebagai hewan peliharaan rumah tangga biasa. Terkadang istilah hewan peliharaan eksotik digunakan secara bergantian dengan istilah hewan eksotik.

Definisi Hewan Eksotis: Definisi Hukum

Definisi hukum dari istilah hewan eksotik berbeda-beda di setiap negara. Di Amerika Serikat, judul federal 9 dari Kode Peraturan Federal CFR 1:1 menyatakan bahwa hewan eksotik mencakup hewan apa pun yang berasal dari luar negeri, dan bukan hewan asli Amerika Serikat. Merupakan hewan yang diintroduksikan ke dalam negeri dari luar negeri.

Kode tersebut tidak hanya menjelaskan apa yang dianggap sebagai hewan eksotik di Amerika Serikat tetapi juga menjelaskan apa itu hewan. Hewan adalah anjing , kucing, primata bukan manusia, marmot, hamster, kelinci, atauhewan berdarah panas lainnya yang hidup atau mati , yang digunakan, atau dimaksudkan untuk digunakan dalam penelitian, pengajaran, pengujian, eksperimen, atau pameran. tujuan, atau sebagai hewan peliharaan. Di antara jajaran istilah hewan ada beberapa pengecualian penting seperti burung, tikus dan tikus yang dibiakkan untuk penelitian, hewan ternak, dan kuda yang tidak digunakan dalam penelitian.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Kucing

Hewan ternak tidak dianggap eksotik atau hewan dalam kode. Mereka mempunyai hukumnya sendiri dan didefinisikan sebagai ‘hewan ternak’

Ini adalah definisi spesifik yang sangat tepat tentang apa itu hewan eksotik, hewan, dan hewan ternak. Hal ini membantu dalam menegakkan undang-undang tentang perdagangan hewan eksotik di Amerika Serikat. Beberapa contoh yang dianggap eksotik dalam undang-undang ini adalah: antelop, kanguru, singa, harimau, dan gajah. Bahkan termasuk hewan yang telah didomestikasi oleh manusia tetapi bukan asli Amerika Serikat seperti unta dan kerbau.

Contoh Hewan Eksotis: Nama dan Jenisnya

Ada berbagai macam hewan yang dianggap hewan eksotik yang berasal dari setiap kelas hewan. Di bawah ini adalah tabel contoh hewan eksotik dari masing-masing kelas hewan.

Daftar Mamalia Eksotik

Mamalia adalah hewan berdarah panas, mempunyai bulu atau rambut , dan betinanya melahirkan anak yang masih hidup dan memberikan makanan bagi anak-anaknya dalam bentuk susu Tabel di bawah menunjukkan beberapa mamalia yang dianggap eksotik di Amerika Serikat.

Mamalia Eksotik di Amerika Serikat

Fennec Rubah Ukuran: tinggi 8 inci dan 1,5-3,5 lbs. Mereka adalah rubah berwarna coklat muda dengan telinga runcing besar. Wilayah Afrika dan Arab Hewan-hewan ini dapat dilatih menggunakan kotak kotoran.
Kambing Kerdil Ukuran: tinggi 16-23 inci dan 53-86 lbs. Mereka adalah kambing kecil yang memiliki berbagai warna. Afrika Barat, khususnya wilayah Lembah Kamerun Kambing kerdil betina umumnya lebih ramah dibandingkan kambing berukuran biasa.
Kinkajou Ukuran: panjang 16-24 inci dan 3 hingga 10 lbs. Mereka memiliki bulu berwarna coklat, ekor panjang, dan menyerupai lemur. Amerika Tengah dan sebagian Amerika Selatan Mereka dikenal sebagai beruang madu dan suka berpelukan.
Walabi Ukuran: tinggi 12-24 inci dan 9-13 lbs. Mereka berwarna coklat dan berdiri dengan kaki belakangnya. Australia dan Nugini Mereka berperilaku lebih seperti hewan ternak dibandingkan hewan peliharaan.
kapibara Ukuran: tinggi 20-25 inci dan 77-150 lbs. Mereka adalah hewan besar dengan bulu berwarna coklat dan kaki berselaput. Amerika Selatan Mereka adalah hewan pengerat terbesar.
Pelayanan Ukuran: tinggi 17-24 inci dan 26 lbs. Mereka adalah kucing berwarna coklat dengan bintik hitam. Afrika, sebagian besarnya adalah Gurun Sahara bagian selatan Mereka adalah spesies kucing tercepat kedua di dunia.