Fauna adalah Hewan dan Kehidupannya, Ketahui Persebarannya

Fauna adalah istilah yang digunakan untuk menyebut hewan dan kehidupannya. Definisi fauna telah berkembang dan berubah selama bertahun-tahun. Fauna adalah istilah yang sering berdampingan dengan flora di mana keduanya membentuk suatu keanekaragaman hayati.

Flora dan fauna adalah istilah yang diciptakan oleh ahli biologi untuk merujuk pada kumpulan tumbuhan dan hewan yang slot777 gacor ditentukan di lokasi geografis tertentu. Fauna adalah istilah yang mengacu pada semua kehidupan hewan dalam suatu wilayah, periode waktu tertentu, atau keduanya.

Fauna adalah sebutan yang biasanya mendeskripsikan organisme apa pun di domain Archaea dan Bakteri, ditambah kerajaan Animalia. Mempelajari flora dan fauna adalah poin penting mengenali keanekaragaman hayati. Berikut pengertian tentang fauna dan persebarannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (23/5/2021).

Asal usul istilah fauna

Dalam bahasa Latin, Fauna berasal dari tiga sumber berbeda. Pertama, fauna berasal dari nama Fauna, dewi Romawi bumi dan kesuburan. Kedua, fauna berasal dari nama dewa Romawi, Faunus. Ketiga, fauna berasal dari kata faun, yang dikenal sebagai roh hutan.

Fauna pertama kali digunakan sebagai istilah biologis oleh naturalis Carl Linnaeus, sebagai istilah yang menggambarkan hewan di suatu wilayah.

Pengertian fauna

Fauna adalah istilah umum untuk daftar spesies hewan yang hidup di wilayah tertentu. Fauna dapat merujuk pada kumpulan hewan prasejarah, seperti yang mungkin disimpulkan dari catatan fosil, atau kumpulan spesies modern yang hidup di suatu wilayah.

Ahli zoologi dan paleontologi menggunakan fauna untuk merujuk pada koleksi khas hewan yang ditemukan di waktu atau tempat tertentu. Jenis fauna yang dapat ditemukan di wilayah tertentu ditentukan oleh faktor-faktor seperti kehidupan tumbuhan, lingkungan fisik, penghalang topografi, dan sejarah evolusi.

Persebaran fauna di dunia
Fauna dibagi berdasarkan wilayah persebarannya. Alfred Russel Wallace mengelompokkan persebaran fauna di dunia menjadi 6 wilayah, yaitu:

Zona Australis
Wilayah ini mencakup kawasan Australia, Selandia baru, Papua, Maluku, dan pulau-pulau sekitarnya. Beberapa hewan khas wilayah ini adalah kanguru, kiwi, koala, platipus, terdapat juga beberapa jenis burung yang khas wilayah ini seperti burung cendrawasih, kasuari, kakatua, dan kelompok reptil antara lain buaya, kura-kura, ular piton.

Zona Ethiopian
Wilayah Zona Ethiopian meliputi benua Afrika dari sebelah selatan Gurun Sahara, Madagaskar, dan Asia Barat. Hewan yang khas daerah ini adalah gajah afrika, badak afrika, gorila, babon, simpanse, jerapah, mamalia padang rumput seperti zebra, antilope, kijang, singa, dan mamalia pemakan serangga yaitu trenggiling.