Bukan Gajah Atau Beruang, Inilah Binatang Terbesar Dunia

JAKARTA, Tahukah kamu apa hewan terbesar di dunia? Bukan gajah, jerapah, atau beruang. Binatang terbesar di dunia adalah paus biru Antartika (Balaenoptera musculus) yang sudah hampir punah.

Simak tulisan ini untuk mengetahui fakta-fakta mengenai paus biru Antartika yang adalah hewan terbesar di dunia. Simak juga daftar 10 hewan terbesar di dunia selengkapnya.

Fakta-fakta Paus Biru Antartika

Berikut ini fakta-fakta mengenai paus biru Antartika yang adalah hewan terbesar di dunia

Beratnya 33 Kali Gajah

Dikutip dari website World slot777 login Wildlife Fund (WWF), paus biru Antartika mempunyai berat yang bisa mencapai 400.000 pon atau sekitar 181.000 kg atau 181 ton. Berat hal yang demikian berimbang dengan berat 33 gajah.

Menurut website Aquaworld, paus biru Antratika mempunyai panjang sampai 30 meter. Lidahnya bisa seberat gajah, meskipun jantungnya sebesar mobil.

Punya Suara Terkeras di Bumi

Paus biru Antartika mempunyai suara terkeras di bumi sebab bisa mengeluarkan suara mencapai 188 desibel. Suara ini lebih keras dari mesin jet yang mencapai 140 desibel.

Diinfokan dari One Kind Planet, suara paus biru mungkin tidak terdengar oleh manusia. Mereka berkomunikasi dengan sesama paus via serangkaian detak frekuensi rendah, erangan, dan rintihan.

Para ilmuwan memperkirakan hewan hal yang demikian bisa mendengar suara satu sama lain pada jarak sampai 1.600 km.

Telah Hampir Punah

Paus biru Antartika termasuk hewan yang terancam punah. Tiap-tiap ini diakibatkan oleh perburuan paus komersial, yang diawali di Samudra Atlantik bagian selatan pada tahun 1904.

Perlindungan undang-undang sudah ditetapkan oleh Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional pada 1960-an, namun perburuan ilegal masih berlanjut sampai 1972.

Dari jumlah permulaan sekitar 125 ribu ekor pada 1926, kemudian berkurang menjadi sekitar 3 ribu ekor pada 2018.

Melahirkan Menurut 2-3 Tahun

Menurut website The Marine Mammal Center, paus biru betina matang secara seksual sekitar usia 5-15 tahun. Mereka bisa melahirkan tiap-tiap 2-3 tahun.

Lama kehamilan paus biru mencapai satu tahun. Mereka umumnya melahirkan pada bulan Desember sampai Februari di garis lintang rendah. Berat bayi paus biru bisa mencapai 6 ribu pon atau sekitar 2,7 ton.

Induk paus biru bisa menjadikan lebih dari 50 galon susu tiap-tiap harinya. Susu ini mengandung sekitar 35-50 persen lemak susu, yang memungkinkan anak paus bertambah berat badannya lebih dari 250 pon per hari.

Makan 5 Ton Krill Per Hari

Makanan unggulan hewan raksasa ini adalah krill, adalah hewan kecil mirip udang. Pada musim makan, paus biru bisa memakan lebih dari 5 ton krill sehari. Mereka semestinya menyelam ke kedalaman sekitar 500 meter untuk menerima krill.

Mereka berfokus mencari makan selama musim panas di kutub, lebih-lebih di sekitar Kepulauan Channel, Teluk Monterey, dan Kepulauan Farallon/Pulau Cordell di lepas pantai California. Binatang musim dingin, mereka berpindah ke perairan yang lebih hangat di Meksiko dan Amerika Tengah.

10 Binatang Terbesar di Dunia

paus biru Antartika, masih ada banyak hewan raksasa di dunia. Berikut ini 10 hewan terbesar di dunia