Binatang Langka Yang Nyasar Ini Diselamatkan Warga Sukabumi

Warga Kampung Rancaerang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyelamatkan burung langka tipe merak hijau (Pavo maticus) yang masuk ke halaman rumah milik warga.

\\\”Dikala itu, merak hijau berjenis kelamin jantan tersebut dikejar warga karena cemas tertabrak kendaraan di Desa Padaasih, Kecamatan Tegalbuleud. Tapi saat akan diselamatkan, burung langka ini masuk ke halaman rumah saya dan lantas kami tangkap,\\\” kata salah seorang warga Kampung Rancaerang, Dede Surahman kepada wartawan di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, penyelamatan burung langka itu terjadi pada Jumat, (24/9) lalu dan melaporkan penyelamatan ini ke penggiat flora fauna Kusukabumiku dan Sukabumi Conservation Society (SCS).

Kemudian dilanjutkan ke petugas Balai Besar Konservasi spaceman pragmatic Sumber Energi Alam (BBKSDA) Jawa Barat dan Sentra Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Hingga sekarang, burung pemakan biji-bijian tersebut masih dipelihara oleh warga sambil menunggu pihak dari BBKSDA Jabar untuk mengevakuasi burung langka ini.

\\\”Kami berharap pihak memiliki wewenang terutamanya BBKSDA lantas mengevakuasi burung ini, karena cemas mati. Untuk sementara, saya pelihara dulu di rumah,\\\” tambahnya yang juga Ketua Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Sukabumi.

Dede mengatakan semenjak dua bulan lalu burung ini senantiasa berkeliaran di sekitar Muara Cikaso yang berbatasan dengan Kecamatan Cibitung dan areal permukiman pinggiran wilayah hutan dan kabarnya burung ini ada sepasang.

Warga juga cemas, burung ini menjadi korban perburuan liar. Apalagi saat ini cukup banyak pemburu yang mencari burung untuk diperjual belikan, seandainya terus ditangkap cemas populasinya akan berkurang pun punah.

Kepala Seksi II Bidang KSDA Wilayah I Bogor, Kusmara mengatakan pihaknya akan lantas ke lokasi tempat penemuan kreatif burung tersebut dan akan mengevakuasi ke PPS Cikanangan.

\\\”Sesudah dievakuasi, burung akan kami titipkan di PPS Cikanangan untuk dipelihara untuk menjaga keamanannya,\\\” katanya.