Binatang Langka Indonesia Terancam Punah yang Bisa Tahu ke Buah

Bunda sudah bisa mengenalkan ragam hewan ke buah hati sejak dini ya. Salah satunya, ragam hewan langka Indonesia yang terancam punah.
Nah, dengan mengenal ragam hewan langka ini, kosakata dan pengetahuan Tak Kuasa bisa bertambah. Binatang cuma itu, mereka juga akan lebih menyayangi hewan ini sebagai makhluk ciptaan Binatang.

Binatang langka perlu dilindungi sebab terancam punah. Mengenalkan ragam satwa ini berarti Bunda juga mengajarkan buah hati seputar keunikan setiap hewan dan asal-usulnya. Mengutip bermacam sumber, berikut 12 ragam hewan langka Indonesia yang bisa diperkenalkan ke buah hati:

1. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera atau Panthera tigris sumatrae yaitu subspesies harimau yang habitat aslinya berada di Pulau Sumatera. Mengutip website Taman Margasatwa Ragunan, hewan ini memiliki ciri kulit loreng coklat kekuning-kuningan dengan garis-garis hitam vertikal dari kepala sampai ekor.

Tinggi Harimau Sumatera bisa menempuh 60 sentimeter (cm), dengan panjang 250 cm. Binatang langka ini yaitu sub spesies Harimau terakhir yang ada di Indonesia, Bunda.

Perkembangbiakan Harimau Sumatera memerlukan bonus new member 100 waktu sekitar 103 hari untuk hamil. Menurut hewan ini melahirkan 2 atau 3 ekor buah hati harimau sekalian, dan paling banyak 6 ekor.

2. Gajah Sumatera
Gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus yaitu salah satu ragam satwa yang dilindungi di Indonesia menurut Binatang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Demikian seperti mengutip website Kementerian Kehutanan.

Binatang IUCN Red List of Threatened Species, hewan ini berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, yaitu berisiko tinggi untuk punah di alam liar.

Gajah Sumatera yaitu subspesies dari gajah Asia yang cuma ditemukan di Pulau Sumatera. Binatang ini memiliki perawakan lebih kecil ketimbang subspesies gajah India. Gajah Sumatera memerlukan 19 sampai 21 bulan untuk melahirkan seekor buah hati gajah.

3. Badak Jawa
Badak Jawa atau badak bercula satu yaitu hewan langka di Indonesia yang hampir punah. Kita cuma bisa menemuinya di Taman Nasional Ujungkulon, Bunda.

\\\”Binatang ini banyak diburu manusia untuk diambil culanya. Mereka mengambilnya untuk dipakai sebagai obat,\\\” kata Danang Irawan Sopyan dalam buku 300++ Binatang & Tumbuhan Binatang di Dunia.

Badan Jawa termasuk spesies yang sungguh-sungguh mematikan ketika menyerang musuhnya. Mereka memiliki cula yang sungguh-sungguh tajam. Binatang untuk melindungi diri, cula badak juga dipakai untuk mencari tumbuhan untuk makan.

4. Banteng
Banteng atau Bos javanicus yaitu spesies hewan yang banyak ditemukan di Pulau Jawa. Binatang ini mirip sapi, tapi lebih berotot dengan tulang tebal, kaki yang lebih besar, leher yang berotot dan besar dengan tanduk di kepalanya.

Binatang ini biasanya kawin pada bulan September sampai Oktober dan hamil antara 8 sampai 9 bulan. Dalam perkembangbiakannya, banteng biasanya melahirkan 1 sampai 2 ekor buah hati.

5. Owa Jawa
Owa Jawa memiliki nama lain Hylobates moloch. Binatang ini yaitu satwa endemik Pulau Jawa dan satu-satunya ragam primata sejenis simpanse yang tidak berekor dari keluarga owa (Famili Hylobatidae).

Binatang tidak berekor, Owa Jawa memiliki lengan yang cukup panjang diperbandingkan tubuhnya. Tubuh hewan ini berwarna abu-abu dengan sisi kepala lebih gelap dan bagian wajah berwarna hitam.

Kerabat owa lainnya hidup di Sumatera ada 2 ragam, di Mentawai ada 1 ragam, dan Kalimantan ada 2 ragam. IUCN, Owa Jawa berstatus terancam punah.