Berikut Pengertian Fauna Endemik dan Semisal di Indonesia Pada Zona Hewan

Indonesia tak cuma kaya akan adat dan tradisi, namun juga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Ini dibeberkan, salah satunya, dengan adanya pelbagai spesies fauna endemik yang hidup di pulau-pulau di Indonesia. Salah satu binatang endemik Indonesia yang sangat populer yakni komodo yang hidup di Pulau Komodo.

Pengertian fauna Endemik

Diberitakan dari Biology Dictionary, fauna endemik yakni spaceman slot spesies binatang yang secara geografis terbatas pada suatu wilayah tertentu. Spesies endemik, terlepas dari bagaimana mereka menjadi terbatas pada area tertentu, mengalami ancaman yang sama terhadap eksistensi mereka.

Kian kecil areanya, kian besar ancaman terhadap kelangsungan hidup binatang endemik tersebut. Tiap-tiap perbuatan yang merusak habitat, dapat secara signifikan memberi pengaruh pola normal spesies endemik. Menjadi endemik di daerah kecil juga kerap kali kali yakni petunjuk peringatan bahwa suatu spesies mungkin terancam atau hampir punah.

Fauna endemik di Indonesia Berikut yakni sebagian figur dari sekian banyak binatang endemik di Indonesia. 1. Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) Harimau Sumatra memiliki tubuh kecil dan warna kulit gelap. Ia juga memiliki corak loreng hitam yang lebih rapat dengan motif menyerupai sidik jari manusia. Baca juga: Pengertian Flora dan Fauna Saat ini, harimau Sumatra hidup di sentra konservasi, seperti Taman Nasional Kerinci Seblat, Kawasan Ekosistem Ulu Masen dan Leuser di Aceh dan Sumatra Utara. 2. Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) Populasi badak Sumatra di Taman Nasional Bukit Barisan, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Way Kambas kian terancam punah. Satwa langka ini yakni spesies badak terkecil dan satu-satunya badak bercula dua yang ada di Asia.