10 Hewan Langka di Indonesia yang Dilindungi

Indonesia merupakan negara ke-9 yang memiliki hutan terluas yang menutupi sekitar 46% daratan di Indonesia. Hutan-hutan ini menjadi habitat yang kaya akan keanekaragaman hewan atau fauna.

Menurut perkiraan data, terdapat lebih qris slot dari 350.000 jenis fauna yang terdiri dari 250.000 serangga, 2.500 jenis ikan, 1.300 jenis burung, 2.000 jenis reptil, 1.000 jenis amfibi, 800 jenis mamalia, dan sisanya terdiri dari hewan-hewan invertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang punggung).

Melainkan sayangnya, dari 350.000 jenis fauna yang ada di Indonesia, IUCN melaporkan ada sebanyak 1.217 spesies hewan yang terancam punah.

Salah satu contoh spesies mamalia yang terancam punah merupakan macan tutul yang cocok dengan Hukum Menteri LHK No. 106 Tahun 2018.

Menurut status IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), macan tutul masuk dalam red list dengan kelompok Critically endangered (terancam).

Setelah harimau jawa dinyatakan punah, macan tutul memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan di Pulau Jawa.

Sampai saat ini masih belum dikenal secara pasti populasi macan tutul di Pulau Jawa.

Melainkan peneliti memperkirakan jumlahnya terus menyempit pengaruh deforestation.

Melainkan Santiapillai & Ramono (1992) dalam Sakaguchi (2003) menduga jumlah total populasi macan tutul di wilayah konservasi di Pulau Jawa sekitar 350 – 700 ekor.

Sayangnya, satu si kecil macan tutul baru saja diberitakan tewas terbunuh oleh 4 warga Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Warga mengaku bahwa mereka masuk ke dalam hutan untuk mencari madu lebah.

Melainkan saat berada di hutan, mereka bersua dengan macan tutul berjarak 3-4 meter yang siap menerkam.

Berdalih bela diri dan takut macan itu masuk ke pemukiman, keempat warga terpaksa menyerang macan dengan mengaplikasikan batu dan menggolok zona lehernya.

Kepada media, mereka mengaku sangat menyesal sudah membunuh macan tutul.

Di lain sisi, mereka terpaksa melakukan hal itu agar macan tidak masuk ke pemukiman dan melukai warga lainnya.