10 Fakta Unik dan Menarik tentang Hewan yang Jarang Diketahui!

10 Fakta Unik dan Menarik tentang Hewan yang Jarang Diketahui!

Siapa di sini yang animal lov? yakin banyak yang mengangguk di sana. Nah, siapa nih di pada yang tahu kalo dunia hewan itu penuh bama dengan fakta-fakta unik yang ngga banyak orang ketahui? Yup, bener banget! Kali ini, dapat berbagi beberapa fakta seru mengenai hewan-hewan yang jarang diketahui. Yuk review 10 fakta unik mengenai hewan tebut ini bareng !

1. Katak Pohon yang Bisa Meluncur Seperti Parasut

Siapa bilang cuma burung dan pesawat yang dapat terbang? Ada satu katak bernama “katak terbang” yang punya kemampuan unik, yaitu meluncur layaknya parasut dari pohon ke pohon. Mereka punya “sayap” kulit yang menopang mereka melayang-layang.

Menurut Journal of The Royal Society Interface yang berjudul “Sticking like sticky tape: tree frogs use friction forces to enhance attachment on overhanging surfaces.”, katak pohon memengaruhi postur tubuhnya untuk memanjangkan anggota tubuhnya dan meningkatkan model lateral, yang menopang menjaga sudut pada vektor model dan platform selalu kecil, sehingga membuahkan model keterikatan yang lebih besar yang dapat dijelaskan bama dengan teori peeling.

Kalo biasanya cuma mimpi dapat terbang, katak ini justru beneran dapat terbang loh!

2. Ratu Semut Dapat Hidup Puluhan Tahun

Kamu tahu nggak, semut betina dan jantan punya hidup yang tidak serupa banget? Setelah memulai koloninya, si semut betina nggak langsung berhenti bekerja. Mereka masih dapat bertelur selama bertahun-tahun, lebih-lebih lebih lama dari hidup kita! Kalau di laboratorium, semut betina model tertentu lebih-lebih dapat hidup hampir 30 tahun.

Hal ini di dukung oleh sebuah studi yang berjudul “Immune priming and pathogen resistance in ant queens.” yang memperlihatkan bahwa bahwa ratu semut punya kemampuan untuk meningkatkan ketahanan tubuh mereka pada penyakit sehabis terpapar dosis penyakit yang tidak mematikan.

Hal ini terutama terjadi pada semut ratu yang telah kawin, yang memperlihatkan bahwa kawin dapat sebabkan peningkatan proses kekebalan tubuh mereka, beri tambahan perlindungan yang lebih baik slot garansi selama hidup panjang mereka dan juga barangkali investasi yang lebih besar didalam reproduksi dan pertahanan tubuh

Sedangkan semut pekerja cuma dapat hidup tidak cukup lebih satu tahun, dan jantan? Mereka hidup cuma tidak cukup lebih seminggu saja, meskipun sperma mereka dapat bertahan lebih lama. Bedanya yang luar biasa ini sebenarnya gara-gara gen-gen mereka yang hidupnya dapat dimatikan dan dihidupkan.

3. Kuda Tidur Sambil Berdiri

dr. Susan Hazel, seorang ahli tingkah laku hewan dari Univity of Adelaide memperlihatkan bahwa kuda pertama kali berevolusi di padang terbuka sebagai hewan mangsa, dan kemampuan untuk beristirahat dan tidur sambil berdiri terlampau barangkali mereka untuk bama dengan cepat melarikan diri jikalau mendeteksi Kedatangan predator.
Hal Ini juga merupakan tidak benar satu alasan mengapa kuda dapat berlari bama dengan terlampau cepat, gara-gara kuda-kuda awal yang berlari paling cepat punya kesempatan lebih besar untuk bertahan hidup.

Selain itu, kuda juga punya mekanisme yang unik loh! Mereka dapat tidur sambil berdiri, berkat kunci-kunci di kaki mereka yang dapat terkunci otomatis. Jadi, ngga heran jikalau kerap menyaksikan kuda yang tiba-tiba terlelap di padang rumput!

4. Kumbang Memiliki Dampak Besar Terhadap Perekonomian

Menurut information Departemen Pertanian AS, kumbang Jepang adalah kasus betul-betul di Amerika Serikat dimana mereka sebabkan rusaknya pohon, tanaman, dan rumput bama dengan nilai lebih dari $450 juta setiap tahun. Itu berarti mereka sebabkan kerugian besar bagi pertanian dan lingkungan kita.

Mereka puas makan pohon-pohon kita, dan itu dapat sebabkan rusaknya banyak hal. Para petani perlu mengeluarkan banyak duwit untuk belanja bahan kimia dan alat untuk menjaga tanaman mereka dari serangga-serangga itu. Ada juga serangga layaknya kumbang Khapra yang dapat sebabkan rusaknya biji-bijian yang kami simpan, sehingga kami dapat kehilangan banyak uang.

Bahkan, duwit yang digunakan untuk perangkap kumbang Jepang dapat lebih banyak daripada penghasilan beberapa negara kecil! Jadi, serangga sebenarnya punya peran perlu didalam cerita ekonomi juga.

5. Burung kolibri adalah cuma satu burung yang dapat terbang mundur

Sebuah Journal of Experimental Biology yang ditulis oleh N. Sapir, R. Dudley memperlihatkan jikalau burung kolibri dapat terbang mundur gara-gara tersedia konvergensi evolusi didalam model terbang kolibri dan beberapa model terbang serangga enam kaki.

Serangga yang terbang barangkali menggunakan gerakan sama kala terlibat didalam terbang mundur, jikalau kala menjaga posisi selalu di hawa atau mengangkat beban.

Baca Juga: https://asianlonghornedbeetle.org/7-fakta-unik-tentang-hewan-hewan-langka-di-dunia/

6. Burung Flamingo tidak berwarna merah muda, tapi Abu-abu

Flamingo terlahir berwarna abu-abu, tapi makanan mereka berwujud udang air asin dan ganggang hijau biru mempunyai kandungan pewarna merah muda alami yang disebut canthaxanthin yang sebabkan bulu mereka jadi merah muda.

Dr. Paul Rose, seorang zoologis dari Univitas Exeter, memperlihatkan bahwa flamingo condong tinggal di wilayah rawa-rawa yang sulit dihuni dan agak terpencil, layaknya danau-danau bama dengan tingkat pH yang terlampau tinggi sehingga dapat sebabkan rusaknya kulit manusia. Di didalam air tebut, terdapat sumber makanan yang belum dimanfaatkan, layaknya krustasea, cyanobacteria, dan alga diatom. Yang menarik, makanan-makanan ini dapat berbahaya bagi banyak hewan lain gara-gara mempunyai kandungan senyawa kimia yang disebut karotenoid.

7. Nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 725,000 orang tewas setiap th. akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, layaknya Malaria, demam berdarah, dan demam kuning. Jumlah nyamuk melebihi kuantitas hewan lainnya di dunia, tak hanyalah semut dan rayap. Penyakit ini juga dapat ditemukan di hampir seluruh belahan dunia, sehingga meningkatkan risiko bagi manusia.

Jadi Inget ya , hewan yang paling berbahaya itu bukan singa, hiu, ataupun gorila, tapi nyamuk, yang lebih-lebih ukurannya terlampau kecil. Jangan remehin ya!

8. Cheetah adalah hewan paling cepat di darat

Melansir dari National Geographic, cheetah, yang merupakan mamalia tercepat di darat, dapat berlari bama dengan kecepatan raih 60 hingga 70 mil (sekitar 97 hingga 113 kilometer) per jam didalam jarak yang pendek. Meskipun demikian, kala mengejar mangsanya, cheetah biasanya menggunakan cuma 1/2 dari kecepatannya itu. Setelah berhasil mengejar mangsa, cheetah membutuhkan tidak cukup lebih 1/2 jam untuk meresapi nafasnya sebelum akan dapat menjadi makan.

9. Burung Unta adalah burung terbesar di dunia

Burung Unta atau Ostrich, burung terbesar di dunia yang biasa ditemukan di area savana panas dan hutan terbuka di Afrika. Melansir dari National Geographic, Burung Unta dapat tumbuh setinggi 2,7 meter dan beratnya raih 159 kilogram – lebih tinggi dari manusia biasa dan beratnya setara bama dengan dua laki-laki dewasa lho !

Burung ini tidak dapat terbang dan punya leher panjang tanpa bulu, kaki yang kuat, dan tubuh besar yang ditutupi bulu. Jantan dan betina punya warna bulu yang tidak serupa – jantan berbulu hitam bama dengan ekor putih, kala betina biasanya berwarna coklat. Kedua model kelamin ini punya kepala kecil, paruh pendek dan lebar, dan juga mata coklat besar yang dilindungi oleh bulu mata panjang.

10. Paus sperma adalah predator terbesar di dunia

Paus sperma adalah predator terbesar yang dapat tumbuh hingga panjang 20 meter dan beratnya raih 80 ton. Melansir dari Live Science, Paus raksasa kerap melaksanakan penyelaman hingga kedalaman hampir 3.000 meter di bawah permukaan laut untuk berburu cumi-cumi raksasa. Cumi-cumi raksasa ini dapat seukuran atau lebih-lebih lebih besar dari paus sperma dan kerap bertarung sengit bama dengan mereka. Paus dewasa kerap punya luka bekas gigitan paruh cumi-cumi raksasa di kepala mereka.

Nah, itulah beberapa fakta unik mengenai hewan yang barangkali jarang ketahui. Jangan cuma terpaku sama fakta-fakta lazim aja, ya! Dunia hewan penuh kejutan yang menarik dan ngga dapat ditebak. Yuk, tetap eksplorasi dan kenali lebih dekat hewan-hewan yang tedia di tidak cukup lebih sambil ngemil Wild Safari dan Baby Bears biar makin seru dan #ness! dapat belanja di landstore.com, Shopee, dan Tokopedia.

Dapatkan lebih banyak #ness!